Bedakan Mana Ciri Puting Payudara yang Normal dan Abnormal


Puting ialah sisi dari payudara manusia. Puting pun miliki nama lainnya, yakni papilla. Baik perempuan ataupun laki-laki dari yang masih tetap muda sampai yang telah tua tentu miliki sepasang puting pada dadanya, atau bisa jadi lebih dari 2. Walau tampak remeh, tampilan susunan kulit kecil yang menonjol di ujung sisi payudara ini bisa jadi menggambarkan keadaan kesehatan Kamu, lho! Mari tahu beberapa ciri papilla yang normal serta permasalahan kesehatan apa yang biasa berlangsung.

Baca Juga : prolq makassar

Type puting yang normalPuting atau papila ada di tengahnya areola. Aerola ialah ruang gelap di dalam payudara. Papilla ini sejumlah besar terbagi dalam serat otot polos. Dimana otot polos ini berperan untuk menolong papilla supaya tercipta waktu distimulasi.

Selama saat pubertas ananda wanita, pigmen yang ada di papilla serta areola akan bertambah (hingga warnanya bertambah gelap) serta membuat sisi papilla atau putingnya makin menonjol.

Untuk perempuan, puting berperan untuk laktasi atau mengalirkan air susu bunda pada bayi. Sedang untuk laki-laki, tidak ada manfaat tersendiri. Beberapa opini ada yang mengatakan jika puting laki-laki berperan menjadi zone erotik yang dapat membuahkan stimulasi. Waktu papilla laki-laki mengeras, pertanda mereka tengah terstimulasi atau rasa nikmat saat intim.

1. Menonjol ke luarBentuk papilla type ini biasanya menonjol keluar beberapa milimeter diatas permukaan areola. Saat cuaca dingin atau terstimulasi, puting susu jadi lebih keras serta lebih jelas.

dua. Masuk ke dalamBeberapa perempuan atau laki-laki ada yang mempunyai puting masuk ke dlm. Ini normal serta termasuk banyak yang alami. Untuk bunda menyusui, keadaan puting misalnya ini dikit menyusahkan untuk memberi bayi ASI. Ada salah 1 tehnik keluarkan papilla yang masuk ke dlm, yakni tehnik Hoffman.

Triknya, tempatkan ke-2 bunda jari di ke-2 bagian aerola, dapat kanan-kiri atau bagian atas-bawah. Pelan-pelan, coba regangkan ke-2 jempol untuk menjauh serta menarik 1 sama lainnya. Kerjakan 2 kali satu hari setelah mandi. Tehnik ini masih tetap diakui dapat memecah tempat papilla supaya bisa menonjol terlepas ke luar.

tiga. Puting rataSelain terbenam diantara areola, ada pula puting atau papilla yang datar. Dimana ini berlangsung saat permukaan papila rata dgn kulit areola. Tenang, keadaan ini tidak beresiko alias normal. Papilla rata dapat berlangsung di salah 1 payudara atau di kedua-duanya.

Menurut dr. Maggie DiNome, kepala rumah sakit Saint John’s Health Center di California, perempuan yang miliki papilla datar dapat menyusui bayinya dgn normal. Namun, akan memunculkan beberapa permasalahan waktu menyusui.

Ada cara-cara untuk menangani puting atau papilla yang tidak keluar menonjol ini. Dr. DiNome pun menjelaskan jika ada peluang papilla yang rata dapat dikerjakan pembedahan supaya bisa keluar untuk menyusui.

Diluar itu, silahkan Kamu coba mengstimulasi papilla supaya menonjol. Langkah berikut dikerjakan supaya bayi dapat temukan tempat untuk menyedot ASI. sebagian orang ada yang yakin, jika dgn menyusui bayi, papilla datar nanti akan keluar dgn sendirinya sesuai dengan keperluan bayi serta bunda menyusui.

empat. Beberapa ciri papilla normal lainnyaBerambut

Menurut dr. Kecia Gaither M D, ahli kesehatan kandungan di New York, papilla memiliki rambut tipis itu normal. Ini biasa berlangsung karena dampak genetik, saat pubertas, sebab kehamilan, saat menstruasi, atau waktu menopause. Pil KB dapat mengstimulasi perkembangan rambut di puting.

Cokelat muda atau gelap, besar atau kecil: sama juga, semua normal

Ukuran puting tiap-tiap manusia beragam. Ada yang kecil atau besar. Macam warnanya juga dapat merah muda sampai cokelat gelap kehitaman. Semua gabungan ini ialah normal serta hampir sebagian besar bergantung genetik.

Menurut dr. Debra Patt MD, ahli kesehatan onkologi di Amerika, ukuran papilla di payudara Kamu hanya satu deskripsi fisik manusia yang berlainan.

Ciri puting susu yang tidak normal1. Memiliki rambut tebal tiba-tibaApabila tidak diduga puting atau payudara Kamu berkembang banyak bulu-bulu halus, Kamu mesti siaga. Menurut dr. Gaither, ini dapat jadi keadaan tanda-tanda dari sindrom ovarium polikistik (PCOS) serta sindrom Cushing. Jika Kamu alami ini, lebih baiknya selekasnya tanyakan ke ahli kesehatan untuk kontrol selanjutnya.

dua. Berdarah atau bernanahPapilla yang berdarah dapat karena disebabkan luka gesek, sebab gatal digaruk, atau bahkan juga sebab iritasi. Jika didiamkan demikian saja, puting dapat berkembang jadi infeksi. Tidak hanya mengakibatkan papilla sakit, infeksi dapat tingkatkan resiko infeksi jamur kulit candidiasis yang dikarenakan oleh Candida albicans.

Papilla bernanah dapat mengisyaratkan terdapatnya suatu yang serius, diantaranya ialah kanker payudara. Umumnya kanker ini merubah aliran di dlm payudara lantas menebar ke permukaan papilla, serta setelah itu menebar ke areola sampai memunculkan lingkaran gelap di seputar payudara dan berasa ngilu.

Permasalahan puting susu yang umum1. Ektasia Ektasia ialah keadaan perluasan kelenjar susu yang letaknya ada dibawah puting. Umunya, keadaan ini berlangsung di umur mendekati menopause, seputar umur 40-an atau awal 50-an.

Ekatasia ialah keadaan yang bukan kanker kanker. Pada beberapa masalah, jaringan dibawah kelenjar susu dapat beralih serta menutup aliran susu.

Cairan yang menumpuk bisa mengendap serta bocor ke jaringan payudara seputar. Berikut yang bisa mengakibatkan infeksi, peradangan akut, atau infeksi yang berisi nanah yang dimaksud abses.

dua. Papilloma intraductalPapilloma intraductal ialah tonjolan kecil misalnya kutil berkembang di dekat puting, tonjolan ini bukan berbentuk kanker. Tetapi umumnya akan keluarkan darah atau cairan lengket.

tiga. Lecet waktu menyusuiPuting lecet atau cracked nipple adalah permasalahan yang seringkali dihadapi bunda baru waktu menyusui. Ini dapat karena disebabkan langkah menyusui yang salah serta bunda tidak menjaga papillanya. Untuk menangani ini, biasanya tidak dibutuhkan perawatan spesial, sebab papilla akan pulih dgn sendirinya. Bunda dapat juga memakai cream pelembap spesial payudara bunda menyusui yang dapat menurunkan perih di papilla.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Badan Lemas setelah Berhenti Merokok?

Kanker Otak, Gejala dan Penyebab yang Wajib Kamu Ketahui

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kulit Anda